Tuesday, February 28, 2012

Beli tiket penerbangan luar negeri, tapi belum punya paspor, Bisa ?

Bisakah beli tiket pesawat ke luar negeri tapi belum punya paspor ? Jawabnya bisa! tapi sayangnya tidak semua maskapai penerbangan memberlakukan hal tersebut.  Hanya untuk pembelian tiket Air Asia secara online yang memungkinkan kita dapat membeli tiket pesawat ke luar negeri meskipun belum memiliki paspor. Tapi yang perlu anda ingat, paspor wajib di miliki bagi siapapun yang akan pergi ke luar negeri. dan yang kami jelaskan di sini adalah, bagaimana anda dapat membeli tiket pesawat meskipun belum memiliki paspor, mengingat akhir akhir ini AirAsia sering sekali memberikan harga promo yang lumayan menggiurkan. dan apabila kita harus menunggu paspor kita jadi, promo AirAsia nya keburu habis, hehe .. Harga Promo AirAsia hanya dapat dibeli melalui website, www.airasia.com.. sedang untuk pembelian di Travel Agent, biasanya anda hanya akan mendapatkan harga normal, bukan harga promo.

Yang perlu anda siapkan untuk booking tiket AirAsia adalah Credit Card (Visa dan MasterCard) atau Debit Card (CIMB dan BCA) dan pastikan jika menggunakan Debit Card, Anda sudah mengaktifkan fasilitas Internet Banking dan telah mempunyai token (key).

Untuk anda yang belum memiliki paspor, sebelum anda melakukan pembelian, hendaknya membuat akun terlebih dahulu di web AirAsia. tahap tahapnya :




→ Masuk ke www.airasia.com, lalu pilih Sign Up di pojok kiri atas. (untuk memudahkan, anda bisa ubah language ke dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu). Setelah memilih Sign Up, maka kemudian akan muncul form yang harus anda isi. dan pastikan semua kolom bertanda bintang telah anda isi. Kemudian pada halaman selanjutnya, dimana terdapat form pengisian data paspor, karena anda belum memiliki paspor, maka pilih Lewatkan / Skip.




→ Halaman selanjutnya mengenai My Family & Friends bisa anda lewatkan saja. Dan kemudian untuk form Pengisian data Kartu Kredit, untuk anda yang nantinya akan membayar melalui kartu kredit maka lebih baik mengisi form ini terlebih dahulu untuk memudahkan pembelian. namun untuk anda yang nantinya akan melakukan pembayaran menggunakan Debit Card (misalnya: KlikBCA) silahkan pilih Lewatkan / Skip. Tahap pembuatan akun pun selesai.





Selanjutnya adalah proses pembelian tiket :

→ Masuk ke www.airasia.com, kemudian lengkapi form pemesanan tiketnya, meliputi kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal keberangkatan dan tanggal kepulangan, serta jumlah tamu yang akan pergi bersama anda (apabila anda akan pergi bersama sama teman ataupun keluarga), dan setelah anda pastikan semua data yang anda masukkan benar, pilih Cari. 

*dan perlu diketahui, AirAsia hanya mengijinkan satu proses pemesanan untuk maksimal 9 orang.

→ Pada halaman selanjutnya akan muncul harga serta jam penerbangan yang bisa anda pilih. silahkan pilih penerbangan yang anda inginkan, dan jika sudah, jangan lupa isi checklist untuk term and conditionnya. lalu pilih lanjutkan.




→ Kemudian, di halaman berikutnya silahkan anda masukkan username dan password yang sebelumnya sudah anda register. setelah anda login, maka anda tidak lagi perlu mengisi form data penumpang, karena otomatis data tersebut akan terinput.






→ Pada kolom pilih tamu, silahkan pilih next saja jika anda akan pergi sendiri. namun apabila anda akan pergi bersama teman yang datanya sebelumnya sudah anda input, maka pilih daftar teman yang akan pergi bersama anda baru kemudian pilih next. Selanjutnya di kolom Penumpang 1, beri tanda check list pada sayalah pelancong itu, maka otomatis data akan terinput. dan pada pilihan penerbangan, dalam tahap ini, kita juga bisa memesan bagasi, makanan dan layanan AirAsia lain yang harganya lebih murah dari pada membeli saat di pesawat (makanan, diskon 20%) atau saat check-in (bagasi, lebih murah 50%). silahkan pilih untuk bagasi sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda tidak ingin membayar lebih untuk biaya bagasi yang lumayan mahal, maka pastikan anda memilih Tidak Ada Bagasi Terdaftar, baik untuk penerbangan berangkat maupun pulang. Sekali lagi pilih sesuai kebutuhan Anda.






→ Tahap selanjutnya adalah pemilihan kursi. untuk pemilihan kursi, pastikan anda memilih kursi yang bukan berwarna merah (hotseat) jika anda tidak mau membayar mahal hanya untuk sebuah kursi. Setelah memilih kursi, anda akan ditawarkan insurance seharga Rp 75.000. Dan Jika anda tidak merasa perlu untuk menggunakan fasilitas insurance, silahkan pilih batal, dan apabila keluar pop up, silahkan pilih cancel.











→ Berikutnya adalah tahap pembayaran. Pastikan anda memilih Rupiah pada kolom mata uang. AirAsia memberikan 3 alternative pembayaran tiket. Pertama, Kartu Kredit baik Visa maupun MasterCard. Kedua, Direct Debit (untuk Bank CIMB Niaga dan Bank Central Asia). Dan yang terakhir, Gift Voucher yaitu voucher yang diberikan pihak AirAsia jika terjadi gangguan atau keterlambatan penerbangan lebih dari 2 jam. Biasanya nilai voucher ini tidak lebih dari Rp. 500.000,-. Jika Anda mempunyai Gift Voucher jangan lupa gunakan sebelum Anda memilih untuk menggunakan metode pembayaran lainnya. Karena voucher tersebut akan mengurangi jumlah tagihan sesuai nilai yang tertera di voucher. Masa berlaku voucher ini adalah 3 bulan. 



Jika pembayaran sudah dilakukan, travel itinerary AirAsia akan dikirim ke alamat email Anda. Proses pembelian tiketpun selesai. dan selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat paspor! Kami sarankan, apabila akan membeli tiket pesawat tetapi belum memiliki paspor maka pilihlah penerbangan yang waktu terbangnya minimal 1,5 bulan kemudian, agar anda mempunyai cukup waktu untuk proses pembuatan paspor.

Setelah paspor anda jadi, maka anda harus mengisi form data paspor melalui www.airasia.com manage booking / mengatur pembelian saya login masukkan username dan password   lalu pada halaman pembelian saya, pilih modify.





Pada kolom modifikasi pembelian, pilih Perbarui Detil Pelancong, dan silahkan isi data paspor anda. Jika data yang diperlukan sudah lengkap, maka Travel Itinarary akan dikirim ulang ke alamat email anda.





Yang perlu Anda lakukan adalah mencetaknya dan menunjukkannya saat check ini di Bandara. atau anda bisa juga check in melalui web, dan boarding pass anda akan dikirim ke alamat email, yang kemudian dapat anda cetak, sehingga akan lebih memudahkan anda pada saat check in di Bandara.

12 comments:

  1. maaf..mau tanya..andaikata mau mengedit valid date passport setelah tiket di issued masih bisa?!

    ReplyDelete
  2. untuk pembelian tiket langsung melalui website airasia, bisa..
    manage my booking -> log in -> modify -> update details -> traveler detail. di sana ada pilihan untuk mengubah valid date passport :) http://imgur.com/aXGjY

    tapi untuk pembelian tiket melalui travel agent, setau saya harus menghubungi travel agent yg bersangkutan..
    semoga membantu :)

    ReplyDelete
  3. yg saya kurang mengerti di pemesanan tiket Online. di mana saya harus mengisi data paspor saya mengingat disitu tidak ada kolom khusus data paspor. yg ada hanya kolom NAMA dan TGL LAHIR SAJA. minta bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, iya kak.. Sekarang sudah nggak harus isi data paspor waktu pembelian tiket.. Data paspor baru harus isi waktu web check in.. :)

      Delete
  4. Kalau sy sdh membeli tiket yg tanpa bagasi trus sy mau menambahkan bagasi apa bisa ya,keberangkatan msh 2bln Lªªªƍi.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak,
      kalo beli tiket sendiri via website bisa ditambahkan, asalkan tidak kurang dari 4 hari sebelum keberangkatan, atau lebih mudah bisa telepon ke customer service nya Air Asia .

      Semoga membantu

      Delete
  5. halo,
    mau izin share ke blog....

    ReplyDelete
  6. mau tanya ni,
    kalau udah terlanjur beli tiket tanpa membuat akun terlebih dahulu bagaiman ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak papa kok kak.. Sekarang pembelian tiket airasia juga nggak ada kolom detail paspor. Nanti isi detail paspor waktu web check in..
      Semoga membantu :)

      Delete
  7. saya beli tiket airasia surabaya-kuala lumpur pp,berangkat tgl 01-01-2014,pulang tgl 20-01-2014,di tiket tertera nama MR H SYAMSUDDIN, CHOLILY di paspor tertera nama SYAMSUDDIN CHOLILY,apakah bermasalah?(huruf H singkatan dari haji/dan ada koma setelah syamsuddin).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya nggak papa pak syamsuddin,
      Kalau pun nanti bermasalah, bapak tinggal menjelaskan saja alasannya, Insya Allah petugasnya nya akan maklum koq,

      Semoga membantu :)

      Delete